24 Okt 2009

Peralatan Surveyor Theodolit dan Total Station

PERALATAN UTAMA PENGUKURAN

1. PENGUKURAN DENGAN THEODOLIT
2. PENGAMBILAN DATA WATERPASS

No HP : 0821 5802 7606 atau email : survserv.2010@gmail.com

Sekilas tentang Alat Ukur Optical
THEODOLIT "TOPCON" Theodolit adalah salah satu alat ukur tanah / Survey yang digunakan untuk menentukan tinggi tanah dengan sudut mendatar dan sudut tegak. Berbeda dengan waterpass yang hanya memiliki sudut mendatar saja. Di dalam theodolit sudut yang dapat di baca bisa sampai pada satuan sekon (detik).

Di dalam pekerjaan – pekerjaan yang berhubungan dengan ukur tanah, theodolit sering digunakan dalam bentuk pengukuran polygon, pemetaan situasi, maupun pengamatan matahari. Theodolit juga bisa berubah fungsinya menjadi seperti Auto Level bila sudut vertikalnya dibuat 90ยบ00'00"".

Dengan adanya teropong pada unit ini, maka theodolit dapat dibidikkan ke segala arah. Di dalam pekerjaan bangunan gedung, theodolit sering digunakan untuk menentukan sudut siku-siku pada perencanaan / pekerjaan Pondasi, Kolom, Titik-titik AS / Batas Bangunan, theodolit juga dapat digunakan untuk mengukur ketinggian suatu bangunan bertingkat, hanya memerlukan beberapa tahap dalam pelaksanaannya.

CARA PEMBACAAN BAK UKUR (Theodolit/Water Pass) Pada rambu ukur akan terlihat huruf E dan beberapa kotak kecil yang berwarna merah dan hitam. Setiap huruf E mempunyai jarak 5 cm dan setiap kotak kecil panjangnya 1cm. masing-masing bak ukur relatif sama cara pembacaannya walau beda bentuk dan modelnya.


TOTAL STATION "TOPCON" Total Station dalam kalangan Surveyor biasa disebut TS adalah salah satu alat pengukuran / Survey yang digunakan untuk mengetahui Jarak dan Beda tinggi serta sudut mendatar dan sudut vertikal. Berbeda dengan Theodolit dan waterpass yang hanya memiliki sebagian dari TS . Di dalam TS sudut yang dihasilkan dapat di baca langsung di layar secara real dan lebih lengkap.

Di dalam Proyek terutama pekerjaan – pekerjaan yang berhubungan dengan Pengukuran, TS lebih sering digunakan untuk pengukuran polygon, pemetaan situasi, maupun penentuan Titik Bangunan, karena lebih jauh jangkaun dan keakuratan dalam pembacaan Jarak yang dihasilkan dari pantulan Prisma reflector.

Sama dengan theodolit, TS juga dapat dibidikkan kesegala arah, Tapi lebih akurat dan banyak para surveyor lebih memilih menggunakan TS untuk Survey yang jangkauan lebih luas dengan sekali berdiri penyetelan.

Bagi anda pengguna jasa survey, akan lebih puas bila pelayanan Jasa pengukuran dari Surveyor pintar yang paham dengan Dasar dasar pengukuran, serta bisa mengggunakan alat secara berkaitan antara Theodolit-Calculator-Komputer-gambar atau TS-Calculator-Komputer-Koordinat-GPS-gambar, dimana penggunaan masing-masing alat dapat dikuasai, meski salary lebih mahal jika menggunakan TS.

by :  Surveyor stm bangunan *


Custom Search


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar